Bupati Taput Pimpin Rakor Kegiatan SPAM IKK Tarutung TA 2022 – 2023

Selama 70 tahun krisis air minum di Taput (Tapanuli Utara), khususnya kecamatan Tarutung, Sipoholon, dan Siatas Barita akan segera teratasi.

topmetro.news – Selama 70 tahun krisis air minum di Taput (Tapanuli Utara), khususnya kecamatan Tarutung, Sipoholon, dan Siatas Barita akan segera teratasi.

Setidaknya itu harapan dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Sistem Penyimpanan Air Minum (SPAM) di Tarutung, antara BWS Sumatera II dengan Pemkab Taput,

Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memimpin langsung Rakor Pelaksanaan Kegiatan SPAM IKK Tarutung TA 2022 – 2023 tersebut. Berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Rabu (28/9/2022).

Turut hadir mendampingi, Kadis Perukim Budiman Gultom.

Bupati Nikson Nababan dalam sambutan dan arahannya berharap krisis air minum dapat teratasi di masa kepemimpinannya.

“Saat baru menjabat, saya mengetahui krisis air minum sudah menjadi permasalahan di Tapanuli Utara. Untuk itu saya berprinsip untuk segera dapat mengantisipasi hal tersebut dengan menyampaikan langsung kepada Kementrian terkait,” ungkapnya.

Penyebab krisis air adalah sumber air yang semakin lama semakin habis dan jumlah penduduk semakin bertambah. Melalui perjuangan keras dan dukungan anggota DPR RI Sukur Nababan yang all out, akhirnya pembangunan SPAM untuk mengatasi krisis air minum di Tapanuli Utara terwujud.

“Lanjutan pembangunan SPAM IKK Tarutung ini merupakan rupiah murni,” ungkap Bupati Taput. Artinya, tidak utang di saat Indonesia berhadapan dengan pelemahan ekonomi global dan tekanan inflasi yang meningkat.

Perjuangan Bupati Taput Nikson Nababan dalam mengatasi krisis air minum di Tapanuli Utara terjawab setelah Kementrian PUPR kembali melanjutkan pembangunan SPAM IKK Tarutung tahun 2022-2023. Hal itu lanjutan dari pembangunan sebelumnya dari BWS Sumatera II tahun 2021.

Tiga Paket

Proyek multiyears pembangunan SPAM IKK Tarutung senilai Rp44,2 miliar itu akan membangun tiga paket kontrak.

Paket pertama akan membangun jaringan perpipaan dan bangunan pendukung SPAM IKK Tarutung senilai Rp30 miliar oleh PT Monhas Andesrabat sebagai penyedia jasa.

Paket kedua pembangunan peningkatan IPA struktur baja kapasitas 50 liter per detik senilai Rp12,7 milair. PT Monhas Andesrabat juga sebagai penyedia jasa (e-katalog).

Dan konsultan supervisi pada peningkatan IPA kapasitas 50 liter per detik dan jaringan perpipaan senilai Rp1,5 miliar itu adalaj PT Silcom Adilara. Mereka melakukan KSO bersama PT Prajna Adhi Cakra

“Proyek multiyears ini akan mulai terlaksana pada Bulan Oktober 2022 dengan masa kerja 365 hari. Harapan dan cita-cita kita dengan pembangunan SPAM IKK Tarutung, penyaluran air minum ke rumah warga di tiga kecamatan lancar. Dalam hal ini pastinya kita juga akan menjaga kualitas air, kuantitasnya, kontinuitas dan keterjangkauan,” ujar Dwi Atma Singgih Raharja, Kasatker Air Minum Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Kementrian PUPR.

Hizkia Pasaribu selaku PPK IKK SPAM Tarutung mengatakan, bahwa pemkab/PDAM sudah terlebih dahulu mempersiapkan lahan. Serta sudah melaksanakan rencana sosialisasi prakontruksi kepada masyarakat terdampak kegiatan.

Kemudian melaksanakan pemenuhan perijinan serta penentuan perencanaan lokasi sambungan rumah (SR). Juga menuntaskan perizinan dan pengaturan lalu lintas selama masa kontruksi di sepanjang pembangunan jaringan pipa 40 km.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment